s i r k u s

sabtu, 17 September 2011 jam 20.00

daripada gak ada hiburan, ada yg ngajakin nonton sirkus, aku ayuk aja. seru lah ya nonton sirkus itu.meski kyk anak kecil, tapi sangat rekomended buat ngilangin penat, galau, beserta anak cucunya. haha.

Moscow Sirkus yg ada di lapangan Rampal tiap hari perform. ada 2 jam pertunjukan, jam 18.00 dan 20.00. khusus weekend biasanya ada show tambahan. harga tiket juga beragam. kelas ekonomi 35rb, kelas 1 50rb, utama 75rb, vip 100rb, vvip 150rb. menurutku kelas utama itu lumayan lah dapet view uda bagus. tp kalo mau lebih bagus lagi? ya di vvip. bener2 center.

sebelum aku cerita ada apa aja di Moscow Sirkus yg ada di lapangan Rampal, alangkah baiknya kita kenali sejarah sirkus dulu🙂

Sirkus modern berasal dari zaman Romawi Kuno. Kata sirkus berasal dari kata circus maximus. Circus berarti lingkaran dan maximus berarti hebat atau besar. Orang Romawi membangun sebuah lingkaran tempat duduk yang besar, yang dapat ditempati oleh ribuan orang penonton pertunjukan. Atraksi sirkus dimulai dengan parade megah. Lalu masuklah kereta-kereta perang berkuda. Para pemain akrobat beratraksi melempar-lemparkan barang ke udara.
*iya juga ya,, tempat sirkus selalu bulat dg duduk melingkar gt. pertama2 aksinya show semua talent*

tahun 1770, seorang Inggris, Philip Astley, mencoba sesuatu yang baru. Ia membuka sebuah lingkaran berkuda di London. Orang-orang duduk melingkar di sekitar lapangan tersebut, sementara Philip melakukan atraksi di atas kudanya. Kemudian sesudah itu, ia mulai menambahkan seorang badut, seorang yang berjalan di atas tali, dan para pemain akrobat.
Philip Astley sering disebut sebagai Bapak Sirkus karena ia menggunakan lingkaran berkuda untuk atraksi-atraksi sirkus. Ia akhirnya menjadi sukses dengan Sirkus Londonnya sehingga banyak orang mencoba melakukan hal yang sama di seluruh Eropa.

Tahun 1792, seorang Skotlandia, John Bill Ricketts, tiba di Amerika. Ia belajar keahlian menunggang kuda di Inggris. Ia datang dan menetap di Philadelpia dan membuka sirkus pertama di Amerika pada tanggal 3 April 1793. George Washington, presiden Amerika, adalah salah satu penontonnya. Sirkus Ricketts mempunyai seorang badut dan pejalan tali. Namun aksi utamanya adalah akrobat di atas kuda. Di atas kudanya, Cornplanter, John akan melompat tinggi dan mendarat di atas kuda lain. Oleh karena jasa-jasanya, nama Bapak Sirkus Amerika diberikan kepada John Bill Ricketts.

dulu, tempat diadakan sirkus hanya berdinding kain kanvas. sedangkan penerangannya hanya berupa lilin. karna pada sore hari sering bertiup angin, maka lilinnya mudah mati.
Angin atau hujan dapat membuyarkan pertunjukan sirkus. Pada tahun 1830, seorang manajer sirkus, Aaron Turner, mempunyai solusi atas masalah ini. Ia menciptakan tenda melingkar dengan atap runcing. Tidak peduli seperti apa cuacanya, sirkus Turner selalu dapat mempertunjukkan atraksinya. Setiap sirkus setelah itu selalu beratraksi di dalam tenda yang disebut Big Top dalam bahasa Inggris.

Sebuah sirkus terasa kurang lengkap tanpa seorang badut yang membuat anak-anak dan orang dewasa tertawa. Badut pertama yang menjadi superstar adalah Joey Grimaldi. Ia melakukan pertunjukan di London tahun 1800-an awal. Sekali seorang badut memutuskan bagaimana ia mengecat wajahnya, rupa tersebut akan menjadi ciri khasnya. Tidak ada badut lain yang dapat menirunya.

setelah aksi semua talent, dibuatlah kita ketawa dg aksi dari badut cewek. dia ngajakin satu penonton ke tengah. pasti penonton itu deg-degan bgt. krn gak tau mau diapain. ah, itu kocak bener. yg bikin heran juga, knp ya pasti ada (maaf) orang cebol jadi badut? dan pasti dibuat lucu2an. dimana slalu baju badut identik dg aksi tabrak warna. pake wig, bedak tebal skali, hidung bulat merah, sepatu tebal.

dikatakan th 1969, kalo nungguin sirkus mulai, pasti orang2 disana beli berondong jagung (popcorn) ma gulali. disana jg banyak yg jualan popcorn. harganya bersahabat, 5rb saja. tp ndak ada pilihan rasa. cm popcorn manis. yg lucu ada sumpitnya :p

yg main di Moscow Sirkus ini, ada yg dr luar 2 orang, trs yg lokal ternyata dr taman safari. ternyata dalam sejarah sirkus Rusia, ada dua kelompok kenamaan yaitu Circus Nikulin dengan gaya old circus dan Moscow Circus bergaya kontemporer.
Moscow Circus dibentuk pada 1917 dg nama asli Bolshoi Cirrus. Berkembang di Vemadsky Avenue, debut pertamanya di Brussel, Belgia, 1956. Kini, Moscow Circus menjadi komoditas hiburan yang digemari, bahkan seperti hak eksklusif bagi para penontonnya, hingga dunia belahan Asia.

namanya jg kontemporer, stlh aksi badut, dilnjutkan Miss Alina main di rangka balok dr besi. itu jg keren. meliuk2 diputer2. lalu dihibur dg atraksi anjing2 pudel lucu yg lompat2.. ndak pernah ktinggalan binatang lucu ini. stlh itu ada persembahan dr Cindy, simpanse pintar, yg jago naek motor trail. aku kalah ama dia. huhu.
*biasanya ada jg kelebihan simpanse dlm matematika, tp td kok ga ada? oh, simpansenya blm diajarin berhitung –”

puas dg aksi hewan pintar, Mr.Dennis menghibur dg akrobat di besi bentuk kyk roda. badannya keker bookk. abis Mr.Dennis, lalu tampil aktraksi yg menurut saya ini favorit bgt. Selendang di udara. kyuyuuuu ~ 2 cewek dan 2 cowok, menari dg selendang yg digantungkan. berdansa di udara. haduh, mello bgt tadi itu. cocok buat saya yg galau.

abisnya melo td dihibur dg atraksi harimau india. itu td yg duduk di kursi vip ma vvip lgsg pindah belakang. pdhl kan ada jaringnya –” nama harimaunya sapa aja ya td? aku lupa. yg aku suka pas adegan manjat pohon trs makan daging. aeeemm,, enak ya mau harimau?

after that, si pelawak sirkus muncul lg. kali ini dia ngajak 3 cowok n 1 cewek ke tengah. memainkan drama “love story”. aku ketawa trs ini. pgn juga diajakin ke tengah ama badutnya,, lumayan lho bisa dpt karcis nonton sirkus gratis. nonton lg deh ama gebetan😀

lalu lalu, mbak Alina muncul lagi dg atraksi main hulahup. awalnya ngebosenin, lama2 seru. pake 30hulahup kali. asik asik..
dan gajah jd hewan penghibur terakhir, yg jd bintang utama namanya Fitri Handayani. dia joged2 gt kalo dikeplokin.. haha..

oh,, ternyata uda di penghujung acara.. tp dikasih iklan si badut kocak lagi. aahh,, menghibur bener emg dia itu. dan tiba pd penghujung acara, akrobat di udara. yg pake ayunan itu lho,, dan mesti ada badut konyolnya. errr. pas giliran badutnya yg main, yg ditangkep bukan tangan badutnya, tp celananya. kok skenarionya gak pernah ganti dr dl.

trs sirkusnya tamat deh. overall, menghibur skali. ditengah kurangnya hiburan buat anak2 seusia saya. mana trakhir nonton sirkus pas masih SD, sktr th 98. oh tidaakk,, masih kecil itu. dulu nonton ama temen cowok, skr? ihiks.

buat yg pgn hiburan berbeda, bisa nonton itu sirkus lho.. nonton bareng temen2 jg seru. ama kluarga jg asik🙂

*benernya aku punya video sirkusnya,, tp gak bisa diuplod di blog ini..huhu..tp moga2 kalian enjoy dg tulisan tak bergambar ini*

2 thoughts on “s i r k u s

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s