keliling INDONESIA -2-

melanjutkan perjalanan kita yaa…

11. Jawa Timur
berangkat dari lamongan dulu ya, mampir ke Wisata Bahari Lamongan. WBL, itu panas krn deket pantai, trs bisa diterusin ke gua Maharani. jgn lupa naek banana boat dan kawan2nya klo kesini. bisa jg ke daerah Tuban buat sambang ke wali2.
kalo uda trs ke Surabaya yuk, ada Kebun Binatang Surabaya. tp kabarnya skr uda gak kerawat. kasian. trs ke Tugu Pahlawan, buat liat2 aja sih. tp kalo malem, di sebrangnya ada yg jual bebek goreng. lezat, apalagi kl ditraktir. sklian aja kita mampir ke madura. lewat jembatan suramadu. trs ke bangkalan, mampir bebek sinjay buat makan siang.
kabarnya di Pamekasan ada yg namanya api tak kunjung padam. tp menurut temen uda jelek ni wisata, malah dibuat jemuran. krik. mnurut sumber internet, di Madura yg byk situs wisata ada di sumenep. tepatnya situs sejarah seperti kraton.
puas jalan ke madura, ndak boleh lupa lho mampir ke kotaku, MALANG! obyek wisata di Malang? Wendit? Tlogomas? mau lebih banyak, naik lagi ke Batu aja. ketemu buanyuak obyek wisata. ada Jatim Park 1, Batu Secret Zoo, Batu Night Spektakuler. tempatnya deketan banget itu. tp gak bisa cuma sehari aja. pasti capek.

kalo malem di Alun-Alun Batu jg bagus lho. lampu2nya keren. trs naek dremulen buat liat pemandangan dr atas. cobain jg maen ke coban talun, coban rais, coban rondo. sejuk bener dah di sana.juga ada pemandian sekitaran Batu, di Songgoriti ma Cangar. udara dingin trs kumkum di air anget. enak bgt!
mo ke pantai? di sekitar Malang jg bnyk. ada Sendang Biru yg diterusin bakal ke pulau sempu. cocok bagi yg pgn maen air sambil liat bintang. balekambang jg seru, tp lebih seru Kondang Merak. masih perawan. bisa liat nelayan nangkep hiu. beli lobster n minta dimasakin sklian jg bs.
pantai udah, skr ya ke gunung. ke arah timur ada gunung Bromo. yg dijadiin lokasi syuting Pasir Berbisik ma Tendangan dari Langit. dulu taun 90an, hampir tiap bulan saya slalu maen ke gunung Bromo. tp blm pernah skalipun liat Kasodo. acara adat suku.

12.Kalimantan Barat
garis khatulistiwa membentang di kota apa hayooo? pontianak! yak,, benaaarr.. dan disana kita bisa ketemu tugu khatulistiwa. liat di wikipedia.com ulasan ttg tempat itu bikin ngiler ksana.
msh di kalimantan barat jg ada kota Singkawang. yg terkenal dg pantai Pasir Panjang yg menghadap ke Natuna.kebudayaan di Singkawang kental dg budaya Cina, dg adanya pasar Hongkong dan vihara. seru jg ya maen kesana

13. Kalimantan Tengah
ada danau tahai. tp beritanya uda sepi krn akses jalan yg rusak. di kalimantan msh banyak dijumpai hutan lindung dan konservasi alam. yg suka liat national geographic pasti sering liat kalimantan juga. namanya unik, Arboteru Nyaru Menteng. obyek wisata alam di palangkaraya dg isi beragam flora fauna.

14. Kalimantan Selatan
yg menarik ada pasar terapung muara kuin. kalo di Balikpapan, ada juga hutan bukit bangkirai.ada jembatan gantung yang ngelewati pohon2 diatas hutan lindung,memacu adrenalin. ada pantai manggar…yang dangkal dan tak berkarang. ada juga penangkaran buaya di teritip. jadi balikpapan itu kota industri…bukan tempat wisata…belanja juga mahal

15. Bali
sengaja disini gak diceritain gimana Bali. karena aku yakin sebagian besar kalian uda pada mampir ke pulau ini dan menjelajahinya🙂

16. NTB
nyebrang aja yuk ke Mataram yg terkenal dg pantai Senggigi, gmn ya indahnya? tapi menurut kakak kelas, masih bagus pantai Kuta yang di Lombok drpd Senggigi. aku jg baru tau kalo ternyata kuta itu ada 2. trs Tanjung2 dan pulau2 kecil di lombok keren2. kyknya juga harus mampir ke gili Trawangan. pulau kecil terbesar di NTB. katanya klo nyebrang bs liat lumba2. kyuyuuu.

17. NTT
yg saya paling penasaran itu danau tiga warna di taman nasional Kelimutu, Ende. bisa warna ijo, biru, merah. dan utk review NTT, saya minta bantuan temen, ini dia reviewnya.
NTT tuh unik krn tdiri dr ratusan pulau, besar dan kecil. pulau besarnya ada: Flores,Sumba,Timor. klo flores bisa ke P.komodo, danau kelimutu, Pink beach, padang bena(t4 ditemukn fosil2 purba).Di flores, bnyk pantai (ngomongin pulau komodo, malah byk turis asing yg pergi kesana. org domestiknya jarang. mgkn krn transportnya ya. mahal.
di P.Timor ada Pantai Lasiana, Kolbano dll. Byk sabana,ada spot2 yg kyk Grand Canyon. Disblh brt timor ada Timor leste. ada juga pulau paling selatan indonesia😛.Rote, daerah pantai juga. Kalo P.sumba selain alam yg trkenal kudanya
ada juga suku di Soe,NTT yg sm skali tidak mau disentuh teknologi, pendidikan, agama, kemajuan zaman.Namana suku boti

18. Sulawesi Selatan
di gorontalo ada danau limboto, ada taman nasional nani wartabone. ndak lupa di sulsel ini ada toraja. paling inget klo toraja itu kuburan batu. trs kuburan bayi yg ada di pohon tarra. upacara adatnya juga keren. pasti ada acara nyembelih kerbau.

19. Sulawesi Tenggara
eh eh, trnyata wakatobi ada di sultra, waduh.. ngiler.. yuk diving yuk.. ini link lengkap wisata di sultra. klik disini

20. Sulawesi Tengah
ada danau poso. jd ingetnya kerusuhan poso itu ya.😦 nemu nama lucu lg, Wisata Laut Pulau Togean Una-una di sulteng yang dikenal karena keindahan Pantai , Karang dan Lautnya. bs diving jg lho.

21. Sulawesi Utara
kuliner yg aku suka, bubur manado itu enak, pake jagung ma bayem. dikasih ikan asin jg. aah, pgn makan bubur bikinan oma lg. trs ada patung terkenal di Manado, adl patung Yesus Memberkati merupakan patung Yesus tertinggi di kawasan Asia sampai Eropa.
dan baru aja temen main ke Manado, saya mintain review juga deh. hehe.
bandaranya kecil meski internasional, kota kecil&tenang, cuaca cukup panas, tata kota tertata rapi. banyak etnis dan agama di manado, tp damai melindunginya.. Ya memang mayoritas kristen tp kerukunan ttp terjaga..
contohnya angkot. Pke mobil lama,stipe angkot malang, tp full modifikasi, full musik dengan volume yg nyaring. tempat wisata bunaken, sebuah pantai. Ada penginapan, pantainya biasa, yg istimewa mmg dasar lautnya, jd harus menyelam.

tentang makannya, bubur manado / tinotuan, berisi jagung, sayur&semacam getah dr pohon apa gitu yg diolah jd kuah kental, dimakan dg tahu. menurut dia, bubur itu tdk ada rasanya, ato mgkn kita yg tdk bs mencampur sambel dan kecapnya..
ceweknya memang bening2, warna kulit coklat muda sekali hampir putih, bohai juga. Kembali ke penampilan lebih utama (ini review yang jujur, :p)

22. Ambon
Keindahan Teluk Ambon sulit terbantahkan. Dikelilingi wilayah perbukitan yang indah, dengan birunya laut jd jujukan kelas dunia. Ambon juga menjadi tuan rumah Sail Banda 2010, even bahari terbesar di Indonesia dan berkelas internasional. (wisatamaluku.wordpress.com)

23. Papua
apalagi klo bukan Raja Ampat yg terkenal di Papua Barat. Perairan Kepulauan Raja Ampat menurut berbagai sumber, merupakan salah satu dari 10 perairan terbaik untuk diving site di seluruh dunia.
yg pernah aku liat di tv, di papua byk spesies fauna yg ditemukan. terutama kupu2. dan Puncak Cartenz atau Puncak Jaya merupakan satu-satunya puncak gunung yang diselimuti salju abadi yang ada di Asia Tenggara.
Taman Nasional Teluk Cendrawasih merupakan perwakilan ekosistem terumbu karang, pantai, mangrove dan hutan tropika daratan pulau di Papua.

ohoho,, ternyata uda selesei nih ngocetuitnya.
pastinya terimakasih ma @Dicky_dev @saiasekar @aninouz @hanifTOGOK @sandrafrans @ipadhrakhmatiar @holiiiifah dan temen2 lain yg uda bantu review.
moga2 kita smua bisa ngelilingin Indonesia, someday. amin🙂
dan semoga tulisan ini bermanfaat buat para pembaca setia blog ini :*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s