#twithoror

kali ini pd Malam Jumat yg katanya malam jumat kliwon, aku ngocetuit #twithoror. awalnya seperti biasa, kebingungan harus cari ide yang seger. mencari saran di sore hari, ada yg bilang utk ngocetuit ttg film kartun. idenya seru, tp aku merasa bahanku msh kurang kl harus ngocetuit ttg itu.

dan tiba2 terlintas di benakku, ini kan malam jumat, kenapa gak ngoceh ttg hantu. momennya uda pas. dan akhirnya kuputuskan utk ngocetuit ttg #twithoror. dan voila, teman mistis, yg punya akun @hilda_nasution mau ikut gabung share jg. bahkan ada cerita horor di seputaran RSSA.

yuk disimak ini kumpulan ngocetuit #twithoror yg uda kujadikan paragraf.

semua tau kuntilanak kan? yg suka nyulik bayi2 itu. kalo saya sih suka nyulik hati lelaki, jd bisa disebut kuntilatilelaki. berasal dr kata ‘pontianak’ yaitu hantu dari perempuan hamil yg meninggal/meninggal saat melahirkan tp anaknya blm lahir. Kalo kuntilanak beneran ada lho. di pontianak banyak. tapi critanya jadi kayak wewe gombel kalo di jawa.
sosok kuntilanak digambarkan sbg wanita cantik yang punggungnya berlubang. kdg sulit ngebedain ma sundelbolong. Kuntilanak konon menyukai pohon tertentu sebagai tempat “bersemayam”, misalnya waru yang tumbuh condong ke samping. Konon kuntilanak bisa terbang. jadi dia sembunyi di atas pohon. terutama wkt ada anak baru lahir. dan ada bbrapa org jawa yg percaya, biar ga diganggu kuntilanak slama hamil, kudu bawa gunting, paku, pisau pas pergi2. Kalo di pontianak nangkalnya pake nggantungin cabe merah di jendela ato pintu.

tuyul digambarkan sebagai mahluk halus berwujud anak kecil dan kerdil, perawakannya gundul. si pemenang awkward moment sumpah dokter, dr.Zaza bilang kalo ga punya alis tuh bisa liat tuyul lho. Awas yg alisnya lagi gundul korban tukang make up (ya itu kamu bgt za). tuyul memiliki sifat seperti anak-anak normal dimana dia harus mencari induk semangnya sebagai ibu kandungnya.
menurut Hilda, tuyul tu kyk gabungan org cebol sama jenglot. serem. bahkan dia pernah liat di sekitar rumahnya. Tuyul sukanya ngaca,,trus maenan anak kecil jaman dulu.suka ngempeng jg (khusus yg ngempeng, aku prnh tau di film)

wis yuk, kita ganti topik sundel bolong. cewek dg punggung yg bolong. aku dl nonton film Sundel Bolong pas kuliah, apa ya judul lengkapnya itu. ngisahin gmn ada sundel bolong. Hilda takut dg sosok ini, krn katanya ada bad story pas dia ketemu.
rambutnya sundel bolong itu panjang buat nutupin punggung bolongnya itu. kadang kliatan belatung di sekitar organ yg tampak. kisahnya di film diceritakan ada cewek yg kerja kyk ronggeng gt, trs dia diperkosa, blm mati eh dibuang ke jurang, punggungnya nancep di pohon runcing. sundal artinya wanita pelacur, bolong krn punggungnya mancep.

pocong merupakan bentuk “protes” dari si mati yang terlupa dibuka ikatan kafannya sebelum kuburnya ditutup. ada yg bilang pocot itu lompat2, tp beberapa liatnya pocong itu terbang. si Hilda lebih setuju kalo pocong itu terbang (huaaaa). pocong? biasanya di idungnya msh ketutup kapas. katanya matanya ijo (kok moto duiten). ndak tau ya, dl pas SD kyknya aku prnh liat ini.

kenalan jg ama genderuwo, sosok yg besar seram suka mangkal di pohon beringin. ada yg blg dia kyk kera raksasa. kata Hilda, klo dkt pohon tiba2 bau kambing, hrs cepet lari, ya itu ada genderuwo. lha kl yg dkt pohon jualan sate kambing, jgn lari, beli aja. haha.
sedangkan wewegombel, suka nyulik anak yg ditelantarin ortunya. tp kl ortunya insap, anaknya dibalikin.

skr waktunya menambah wawasan ttg hantu yg jarang eksis,,
dari Minangkabau, ada palasik. dia bukan hantu, tp orang dg ilmu hitam tingkat tinggi. makanannya itu janin dlm kandungan/yg ud dikubur.
di Kalimantan ada kuyang, siluman berwujud kepala manusia dg isi tubuh menempel tanpa kulit dapat terbang untuk mencari darah bayi. si Hilda pas di pontianak pernah liat kuyang..lumayan serem liat kepala+usus tp g ada badannya.
Rangda adalah ratu dari para leak dalam mitologi Bali. Makhluk yang menakutkan ini diceritakan sering menculik&memakan anak kecil.

nah,, sekarang waktunya share kisah nyata di RSSA slama teman mistis saya jd koas, disini si @adriyawan jg ikutan share pengalaman pribadinya.🙂

Ada yg tau crita ttg suster ani di rssa??yg katanya suka bantu kita waktu mlm. Wkt mlm ada perawat masukin obat. pake baju suster2 belanda gt, tiap ditanya namanya pasti suster ani. Dia jg sering bangunin koas ato ppds yg ketiduran wkt pasiennya gawat. tp perawat yg lain ga ada yg kenal. Dia ada dimana2. tp jelas dia baru muncul stlh jam 12 malam. seringnya muncul di cvcu tempat org akan henti jantung. Sebenernya enak jg ada suster ani. eh testimoni dari ppasien dah byk lho ttg suster ani. Hilda pernah dgr dari pasien r.27.

si Hilda kemudian dapet ide ttg lantai 2 ugd lama. aku sendiri pernah digodain disini. deket meja pingpong, aku tidur di meja setengah bundar itu. pintu deket situ diketok2 terus. tiap aku mencari sumber suara, gak ada orang, dan ketukannya berhenti. dan tidur lagi, dia muncul lagi. lama2 aku risih, akhirnya aku pindah deh.

Yg plg terkenal pocong di lorong antara cvcu n ugd lama. di dpn R.26 yg baru. Kl pgn buktiin bisa ke lorong itu wkt mlm.liat atap gedung seberang yg di sblh lorong itu. coba amati baik2. Klo anda beruntung pst anda akan bertemu dg mr. Poci itu. hihihi, coba saja buktikan. tapi anda bakal lebih beruntung bila tidak bertemu.
Ada foto anak kecil di cvcu. klo diperhatikan ekspresina berubah2. klo lwt di dpnna berasa diliatin. Yg td prnh dicobain sm slh satu ppds ipd dan akhirnya dia g prnh mw jalan sendiri di lorong itu.

Klo kamko sentral setauku dikamar pojok, sering ada yg ketindihen di sana, mas2 yg jaga kamko pun pernah. bahkan ada temen yg sempet dipindah tidurnya dan dicoret tangannya – -”

nih, cerita dr awan.
Suatu malam, saya injeksikan obat untuk pasien bersama arief, tiba2 pintu RR di ketok dari luar, awalnya ga kita hiraukan. kami kira yg ketok pintu itu keluarga pasien, kadang ngantarkan obat, sedangkan kita sedang sibuk di RR. Tapi si TS Arief ke pintu RR, melihat TS brian yg lagi jaga kaber jalan ke arah kamar mandi tempat ‘kendi2 plasenta’ untuk bayi mengajak dia utk ngeplas. TS Arief ijin untuk istirahat sama TS Brian, saya pun ‘iya’kan,lumayan istirahat gantian buat kita,jd tinggal sy &1 perawat. lalu saya g tahu kejadian pastinya, tapi ini menurut cerita Arief. Dia menuju ke kendi2 dan ga lihat sedikitpun sosok Brian.
Bulu kuduk Arief pun langsung naik, suasana kamar mandi yg bau itu sedikit mencekam, dia penasaran dan mengecek ke kaber. Dan TS yg lain d kaber bilang klo Brian sdh daritadi ngeplas dan ga tau dimana dia skrng, si Ariefpun ke kamsen utk ngeplas. Yap cerita kekonyolan sekaligus horor pertama berakhir sampai sini, si Arif ketemu brian di Kamsen. Mereka beradu cerita. Arief jelas2 lihat brian ngajak untuk ngeplas di kendi, tapi si brian bilang udh keluar 45 menit yg lalu ke kamsen untuk BAB. Trus siapa dong, cowo baju ijo botak yg menuju ke kendi itu? Pdhal disitu ga ada orang… Yah sampai skrng masih misteri..😀

masih ceritanya awan yaa,,
Oke lanjut yah, saya di Recovery Room tempat Px. post SC yg msh belum sadarkan diri, hanya ditemani seorang perawat wanita. Perawat ijin utk sholat isya&makan,mau ga mau saya sendiri di RR ditemani oleh kira2 4 pasien saja, dan beberapa bed kosong. Kira2 malam itu sekitar jam 10an, yg jelas saya dalam keadaan sadar penuh, dan ga pernah mengalami hal ini sebelumnya. Saya berdiri didpn brankas obat letaknya di tengah antara jalan bed2 pasien. siapin obat2 untuk dimasukan ke spuit. Tiba2.
Obat injeksi pecah gara2 buka terlalu keras. saya ke wastafel pojok deket dapur RR mengahap tembok&memblakangi brankas obat. Posisi cuci tangan menghadap tembok, sy lihat sekelebatan bayangan hitam di tembok dpn sy dan begitu sadar itu di belakang sy. Antara berani dan ga berani menengok kebelakang, tiba2 brankas obat yg jaraknya 4 meter dari saya bergerak sendiri dgn suara. Suaranya spt kulkas yg tiba2 bunyi gtu, merinding, langsung balik bdan,bangunin pasien yg belum sadar, sambil lari keluar.

selanjutnya ada cerita dari mbak Senia ttg pengalamannya dikembari jadi hantu di kamko IPD.
Nah kejadian ini bertempat di kamko IPD, suatu ruangan berisi 3 kamar, ujung pojok, tengah, dan ujung deket wastafel. Dari masih junior, aku paling suka tidur di kamar paling pojok, karna paling jarang ada yg mau disana dan kamarnya paling bersih. Pada hari itu, aku yg lg koas senior IPD jaga ugd duluan. Brarti nggak ikut operan dan lgsg ke ugd. Kuperjelas, aku di UGD. Sadar. Jujur. Dan nggak ngeplas.
Kelar operan, si Hilda ke kamko IPD dan menuju ke kamar pojok. Pas dibuka pintunya, ada penampakan-mirip-senia dgn rambut terurai panjang, pake baju putih, membelakangi pintu, duduk, menghadap jendela. Dikira si Hilda “oh, ada mba sen”. lalu ditutup lah itu pintu kamar pojok. Ya karna emg itu tempat favorit eike kali ya bok ya, jadi si Hilda jg gamau ganggu. Itu masih sore lho, sekitaran jm 4. Dan inget ya akunya lg posisi di ugd, bayangin ugdnya dimana kamko IPD nya dimanaaa.
Nah sekitaran jam 8-9an malem datenglah si Didiek gendut ke kamko IPD, dia gegoleran di kasur ddpn kamar pojokan. Trus karna dia tau hr itu aku jaga dan tempat favoritku dikamar pojok (pintu kamar dlm keadaan ketutup) si Didiek pun memanggil namaku “mb senia..mb senia” lalu ada yg nyahut gitu dr dalem kamar “heem” dan itu kata si Didiek suaranya mirip bgt sm aku.
lalu ngobrol lah si Didiek ama suara-yang-mirip-senia itu, aku lupa pastinya mereka ngobrol apaan. pas ngobrol yg kebeberapa kalinya, si suara-mirip-senia itu nggak nyautin, diem aja, trus si Didiek ngomong “mb, diem aja sih”. eh dibales dong dgn suara cekikikan “hihihihihihiiiihihiii” gitu, tp ya karna Didiek ngira itu aku, dianya cuek aja. Bbrp detik dr cekikikan itu, datanglah senia yg sesungguhnya ke kamko IPD. Menyapa si Didiek. trus Didiek nanya “lho mb, kpn keluarnya kok udah masuk kamko lg?”. aku jawab “yaelah Dik, aku ini baru dtg kalek dari ugd.” Trus mukanyaa lgsg serius gt “mb yg bener?” Sambil aku buka pintu kamar pojok yg kosong itu..
trus dia cerita abs ngobrol ama aku, dan aku cekikikan hihihi gt. Pertamanya aku kira boongan ya, tp mukanya seriusan takut. Kelar dia cerita, aku pun meninggalkannya sendirian di kamko IPD dan ngabur ke kamko sentral. Hikmah dari cerita ini adalah : jgnlah berpenampilan seperti “mereka” , rambut panjang + jas putih + dan muka galak itu mudah sekali ditiru.

itulah sekelumit bahkan hanya sedikit cerita horor dan seram di seputaran RSSA. di sekitarmu sebenarnya banyak mahluk yang gaib, percayalah bahwa mereka jg ciptaan Tuhan. selama kamu gak ganggu, niscaya dia jg gak ganggu.

makasih buat teman share saya tadi malam, @hilda_nasution @ipadhrakhmatiar @adriyawan @seniaseniasenia.

inget temen2,, saya slalu hadir ngocetuit tiap malam jumat sampe malam minggu. follow aku ya @mareretha.

6 thoughts on “#twithoror

  1. yaahh… aku telat gabung.. ToT
    aku jg pny crita,
    ttg lab forensik.
    kjadiannya skitar bln maret 2011 kmrn pas aku sm anis jaga forensik…
    kelompok kmi ckp apes krn dr.wening kdg suka sidak sore2 jd kita ga berani ngeplas sampe diatas jam 6sore :p
    kbetulan, anis lg gak sholat, wuih… dari siang wes dagdigdug ae mau sholat sndirian..
    (skedar info, aku cm skali sholat dzuhur di musola forensik soale pas prtama kali aku sholat dzuhur dsana rasanya bulu kudukku ga bs tidur sampe aku kluar ruang musola tsb ;p)

    naaahh…
    akhirnya hari itu jg aku sholat dzuhur dan ashar di kamko, sambil mandi :p
    dan tibalah waktu sholat magrib…
    awalnya aku ngajak anis ngeplas sbntr ke kamko, tp dia sibuk ngautis dgn lepinya jd dia gamau angkat bokong dari kursinya..
    -___-”
    mau ninggalin anis sndirian takut klo moro2 ada MB (obe versi forensik),
    kasian anis klo visum sndirian..
    akhirnya tekat-kuatku membawaku nyalakan keran di kmr mandi yg lampunya mati itu… ToT
    baiklah dgn super dagdigdug aku brsyukur aku “gak ketemu apa2 slama aku wudhu”…

    fyuh…
    berjalanlah aku ke kelas, masi pgn ngajak anis ke kamko tp dia masi sibuk ngautis jd ya sudahlah aku ngalahi sholat di musola…

    ckrek…
    kuintip kedalam musola… dan lgsung mengutuki diri sndiri knapa pas masi terang tadi aku gak nyalakan lampu musola ToT
    ah ya sudah…
    maka kubuka pintu itu lbih lebar…selebar mungkin dan…

    aku lihat ada bayangan putih ngambang di depan jendela..
    inget kan, jendelanya musola forensik ada di tempat yg tuinggi..

    apaan itu?
    yah… krn penasaran, aku nyalain lampunya, dan hilanglah bayangan itu..

    dan kumatikan lg lampunya..
    dan disitulah dia masi ngambang..

    maka..
    perlahan-lahan aku tutup pintu dan ngabur ke kelas sambil gemetaran, bilang ke anis kalo aku mau ke kamko sebentar, sambil maksa anis janji klo ada apa2, APAPUN itu, dia kudu lgsg miscal aku..

    (knapa aku gak ngasi tau anis? anis lbih penakut drpd aku… jd akan lbh baik klo dia ga tau.. dan insyaAllah akan baik2 saja klo aku ndang sholat ndang balik ke forensik lg).

    dan besoknya…
    org prtama yg aku cari adl Hilda.
    memastikan apa yg kuliat maksudnya..
    percakapan kami kira2 gini..
    aku: hil, di forensik ada ‘sesuatu’ banyak ya?
    hilda: hehehehe… (dan dia crita ttg ‘anak kecil’ di cor-coran samping kelas forensik tmpat biasanya koas berada)
    aku: eh.. hil.. klo di musola ada gak?
    hilda: hehehehe… kayaknya…. ada… cewek… pk baju putih…

    wuih… mengkorog lgsung rasane…

    dan stlh itu aku br crita anis apa yg kuliat, dan aku dia marahin habis-habisan..😄 forensik.
    kjadiannya skitar bln maret 2011 kmrn pas aku sm anis jaga forensik…
    kelompok kmi ckp apes krn dr.wening kdg suka sidak sore2 jd kita ga berani ngeplas sampe diatas jam 6sore :p
    kbetulan, anis lg gak sholat, wuih… dari siang wes dagdigdug ae mau sholat sndirian..
    (skedar info, aku cm skali sholat dzuhur di musola forensik soale pas prtama kali aku sholat dzuhur dsana rasanya bulu kudukku ga bs tidur sampe aku kluar ruang musola tsb ;p)

    naaahh…
    akhirnya hari itu jg aku sholat dzuhur dan ashar di kamko, sambil mandi :p
    dan tibalah waktu sholat magrib…
    awalnya aku ngajak anis ngeplas sbntr ke kamko, tp dia sibuk ngautis dgn lepinya jd dia gamau angkat bokong dari kursinya..
    -___-”
    mau ninggalin anis sndirian takut klo moro2 ada MB (obe versi forensik),
    kasian anis klo visum sndirian..
    akhirnya tekat-kuatku membawaku nyalakan keran di kmr mandi yg lampunya mati itu… ToT
    baiklah dgn super dagdigdug aku brsyukur aku “gak ketemu apa2 slama aku wudhu”…

    fyuh…
    berjalanlah aku ke kelas, masi pgn ngajak anis ke kamko tp dia masi sibuk ngautis jd ya sudahlah aku ngalahi sholat di musola…

    ckrek…
    kuintip kedalam musola… dan lgsung mengutuki diri sndiri knapa pas masi terang tadi aku gak nyalakan lampu musola ToT
    ah ya sudah…
    maka kubuka pintu itu lbih lebar…selebar mungkin dan…

    aku lihat ada bayangan putih ngambang di depan jendela..
    inget kan, jendelanya musola forensik ada di tempat yg tuinggi..

    apaan itu?
    yah… krn penasaran, aku nyalain lampunya, dan hilanglah bayangan itu..

    dan kumatikan lg lampunya..
    dan disitulah dia masi ngambang..

    maka..
    perlahan-lahan aku tutup pintu dan ngabur ke kelas sambil gemetaran, bilang ke anis kalo aku mau ke kamko sebentar, sambil maksa anis janji klo ada apa2, APAPUN itu, dia kudu lgsg miscal aku..

    (knapa aku gak ngasi tau anis? anis lbih penakut drpd aku… jd akan lbh baik klo dia ga tau.. dan insyaAllah akan baik2 saja klo aku ndang sholat ndang balik ke forensik lg).

    dan besoknya…
    org prtama yg aku cari adl Hilda.
    memastikan apa yg kuliat maksudnya..
    percakapan kami kira2 gini..
    aku: hil, di forensik ada ‘sesuatu’ banyak ya?
    hilda: hehehehe… (dan dia crita ttg ‘anak kecil’ di cor-coran samping kelas forensik tmpat biasanya koas berada)
    aku: eh.. hil.. klo di musola ada gak?
    hilda: hehehehe… kayaknya…. ada… cewek… pk baju putih…

    wuih… mengkorog lgsung rasane…

    dan stlh itu aku br crita anis apa yg kuliat, dan aku dia marahin habis-habisan..😄

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s