DUA

sebenarnya saya tak terlalu suka dengan angka dua, tapi pada suatu saat ada keadaan yang mewajibkan saya untuk suka angka ini.
pasti kalian pernah berpikir mengapa dua lebih baik dari satu? sama seperti aku yang terkadang berpikir demikian.
sampe ada seorang sahabat yang pernah menyodorkan lagu barat “two is better than one”. dan saya sangat setuju dengan judul itu. dimana-mana, dua memang lebih baik ketimbang satu. karena dua lebih besar daripada satu.

mengapa Tuhan menciptakan manusia dengan hampir anggota badan kita dengan 2 sisi? dimulai dari otak, mata, telinga, lubang hidung, tangan, kaki.
mengapa terdapat kanan dan kiri?
mengapa terdapat baik dan buruk?
mengapa diciptakan laki-laki dan perempuan?
mengapa ada cinta tapi juga ada benci?
dan masih banyak lagi lawan kata yang lain.
ternyata dua itu berarti melengkapi.
Allah sengaja menciptakan laki dan perempuan untuk berpasangan. mereka diciptakan untuk saling melengkapi. laki-laki bersifat melindungi sang perempuan yang cenderung ingin dimanja. namun perempuan bisa menjadi sutradara di balik layar akan suksesnya seorang laki-laki.
Allah memberikan kita sehat agar kita bisa terus bekerja, beribadah padaNya. namun tak jarang Allah memberi kita sakit, semata kita perlu mengingat betapa besar karunia sehat yang telah Ia berikan.

pernahkah berjalan sendirian di tengah keramaian dimana kamu tak mengenal orang sekitar? rasanya pasti sangat canggung dan tak nyaman. tapi bila ada 1 saja orang yang kamu kenal, dan kamu bisa berjalan bersama hingga tujuan dibarengi obrolan renyah, pasti akan terasa beda. berarti benar kan dua itu lebih baik dari satu?
dan tentunya dalam hidup ini ada perselisihan, ada kesalahpahaman. angka tiga bisa lebih baik. karna orang ketiga bisa dijadikan pendamai dan penengah. yang bersikap ketiga ini, haruslah netral. dan lagi-lagi, orang ketiga ini membutuhkan dua sisi. dua sisi yang sama-sama harus ia dengarkan agar bisa bersikap netral.

sering aku dijadikan tempat curhat teman-temanku. terutama saat bermasalah dg cinta. pasangan cewek dan cowok benar2 berasal dari planet yang berbeda, mars dan venus. dan aku harus bisa jadi orang yang netral, jadi penengah. makanya aku harus mendengarkan dari dua sisi. gak boleh seolah2 ngebelain si A kalo si A lg curhat tp bersikap ngebelain si B kalo ada si B di sebelahku. itu sama skali sikap yang gak dewasa.
tapi kadang terhalang juga mau dengerin dari dua sisi, kalo nyatanya aku gak terlalu dkt ma si B. gak mungkin juga kan kalo tiba2 nanyain si B knp kok ada masalah ma si A. tp aku juga bisa jadi seperti orang yang ingin tau, yang pengen tau penjelasan knp si B seperti itu. anggap saja kalo masalah putus cinta nih. aku gak pernah segan nanyain ke si B knp dia mutusin si A, meskipun aku gak deket dg si B. karna menurutku, tetap lebih baik mendengarkan pendapat dari dua pribadi yang berbeda ini.

sama juga kalo tiba2 aku yang dapet masalah ma temen. aku curhat ke temen, trs temen itu juga dengerin curhatan orang yg lagi masalah ma aku. orang ketiga inilah yang sebenarnya bisa jadi pendamai. ngebantuin buat nemuin solusi biar sama2 enak. karna dialah yang dengerin dari dua sisi.
tapi paling gak enak juga, tiba2 ada orang ketiga yang malah memperkeruh suasana. tiba2 dia datang, ngasih nasehat yg seolah2 nyalahin aku, pdhl dia gak tau alasanku berbuat kyk gitu. namanya manusia, gak ada yang sempurna, semua tindakan pasti ada alasannya.
jadi seberat-beratnya masalah yang kamu dengerin dari sahabat kamu, berusahalah untuk tidak menjadi dia. berusahalah untuk menatap masalah itu dari sisi yang lain. berikan dia ketenangan batin. tapi tidak dengan membela dia, bahwa dia bersikap benar. kecuali ia memang benar-benar 1000%.

saya senang angka dua kali ini.
dua sisi, suka dan duka, tawa dan tangis, adalah proses hidup yang harus dilalui agar kita menjadi dewasa.
menjadi dewasa berarti bisa menyikapi berbagai masalah paling tidak dari dua sisi.

2 thoughts on “DUA

Leave a Reply

