Lombok, cerita dan misteri (2)

-ini dia lanjutannya-

14 Oktober 2011
si selbong kerja lagi di ugd rs biomedika. untungnya adiknya selbong alias via uda pulang ke mataram. jd kita ditemani om dan via slama jalan2. jadwal hari ini adalah makan bebalung, yg mirip2 ma asem2 iga gitu. sayang gak aku foto. makannya pake nasi putih biasa. dicampur plecing kangkung jg oke.
sudah kenyang, kita meluncur ke rs biomedika. nyambangi selbong yg untungnya lg sepi pasien. sembari nunggu om ma puji solat jumat, kita ngrumpi di kamar jaga.
selbong pulang jam 2, masih lama jg, kasian om, akhirnya kita pulang dl. tidur2an.
jam3 selbong baru pulang, katanya ada pasien jelek, kata puji mungkin wajahnya yang jelek. halah halah. :p
nah, bareng kak Aan, sekarang kita berenam meluncur ke Senggigi. ini pantai beneran bersih gitu, bagus, beda ma pantai di Bali yang uda kotor dan terlalu banyak orang. disini sepi, tenang, ombaknya jg lagi ganas, si puji yg ngidam maen kano jd gak bisa.
terlalu lama foto2, akhirnya kita mengejar matahari lagi. jilid 2 menuju Malimbu beach. di spot yg bagus memandangnya. sudah jam setengah 6, kak An ngebut, si via triak2 di mobil. dan begitu sampe spot itu, matahari uda tenggelam. hahahaha. :’)

tapi kekecewaan itu terbayar dengan lahapnya aku menyantap sate daging Rembiga. pake lontong, tp kali ini model bungkusnya kyk kue cum2. hehe.
ditengah perjalanan pulang, si puji yang hapal bgt jalanan ini tiba2 berteriak “lho kok tong yang td sore ada di tengah situ hilang ya?”. wah,, lagi2 mataram penuh misteri.

15 Oktober 2011
si selbong ndak kerja dan kita mo jelajah pantai yang lain lagi. ah,, bener2 jadi anak pantai. siap menghitamkan diri, hitam yang eksotis. hehe.
sebelum berangkat ke kuta, ndak lupa mampir pasar cakra tepatnya toko arief buat beli kaos oleh2. itu mbakku ngebet bgt nyuruh aku buat beliin kaos utk Kim Kurniawan, pemain bola Persema. alay bener mbakku yang satu itu. pingin banget njodohin adiknya yg super manis ini dg cowok kiyut model Kim. ehehehe. krn gak nemu kaos yang cocok buat Kim, terpaksa ntar malem hrs berburu ke mall.

hampir jam12, meluncurlah kami ber5 plus om ke pantai Kuta. sebelum sampe disana, mampir dulu di Sade gallery, perkampungan suku Sasak. yang terkenal dg rumah lumbungnya. dimana rumahnya itu gak pake ubin, tp dari tanah liat trs kalo ngepel pake tai kebo. wuyuuu.
entahlah jam berapa akhirnya tiba juga di pantai Kuta. subhanallah, buaguuus. lebih bagus dr senggigi, bahkan jauh banget ma kuta di bali. ini bener2 bagus. pasirnya terkenal besar2 mpe disebut pasir merica. airnya jernih, kelihatan gradasi dr hijau mpe biru tua. ombaknya jg lumayan gede. bagus bgt buat foto2.

puas berfoto2 dg keindahan pantai ini, kita dibawa ke daerah yg terkenal dg nasi puyung. nasi putih dg lauk ayam bumbu pedas, ayam goreng suwir dan kacang kedele goreng. eh gila, ini pedesnya luar biasa. aku gak abis, takut diare. :’)
nyampe rumah uda jam 5 aja, cpt mandi, trs meluncur lagi ke mall demi kaos utk Kim. kali ini ditemani kak An. setelah dapet, niatnya karoke gitu, etapi gak dapet tempat.
oiya, di tengah2 jalan ke mall, puji diberitahu kalo merpati air mo berhenti terbang krn utang avtur 270M. pdhl kita balik hari senin naik merpati. panik? pastinya. cari berita di internet, call centre merpati. tp sejauh baca berita, tak ada hambatan penerbangan ke surabaya. diputuskan utk esok hari telpon ke merpati di jakarta.

16 Oktober 2011
jadwal di hari Minggu yang agak mendung ini adalah ke Gili Nanggu bareng kak Aan dan adiknya, Ipung. mo snorkling lagi, ketemuan ama ikan lucu. menurut kak Aan, lebih bagus sini drpd gili trawangan. ikannya lebih bersahabat. dikasih roti aja uda pada menghampiri.
sebelum berangkat, puji sempet telpon ke merpati dan katanya on schedule. maka hati makin tenang. berangkat ke lombok barat dg ceria.
sekitar 1 jam 30 menit sampe kita di sundancer beach buat nyebrang ke gili nanggu. ombaknya tenang skali. gak ada acara mabok laut seperti ke gili trawangan. nyebrang juga gak lama, 30 menitan uda sampe di gili nanggu.
wah, tempatnya buersih. berasa privat island. tanpa ba-bi-bu, langsung minjem fins buat snorkling. dan langsung nyemplung ke aer. pake roti tawar yang dimasukin ke botol plastik kosong, dicampur air, dijadikan bubur kita memancing ikan2 itu. mereka kumpul. uwaaaw,, lucuuu. tp aku takut, takut digigit. :’)
ketemu ikan nemo, ikan gembung, ikan yang berlipstik biru,ijo,pink, dan banyak yg lain. karangnya jg warna-warni bagus gitu. emang lebih luar biasa ketimbang gili trawangan. entahlah berapa jam aku, didin, puji n ipung nyemplung di laut demi melihat keindahan alam bawah air.
hati sih belum puas, tp aku uda kedinginan dan jari2 uda keriput memaksaku berhenti berenang. dan kita pindah ke gili yang lain, gili kedis. ini pulau lebih kecil dan lautnya lebih dangkal. kita bisa jalan mpe 10 meter dari pinggir pantai. ketemu bintang laut dan bulu babi. hehe.

perjalanan kali ini benar2 menyenangkan. pantai penutup liburan yang sangat seru. kalo boleh balik, aku pasti balik ke sini :’)

17 Oktober 2011
hari terakhir disini, harus balik ke surabaya. paginya dianter om beli ayam taliwang, sate rembiga, kripik2, dan makan pecel plecing. disini perasaanku bener2 gak nyaman. rasanya ada yg aneh. dan niat utk telpon ke merpati dibatalkan krn merasa gak mungkin utk gak terbang.
jam 4 sore, kita meluncur ke bandara. sampe disana sekitar jam5, dan begitu kita sampe, ada telpon kalo penerbangan mataram-surabaya dg merpati BATAL! jedeeerr. rasanya kyk disamber petir di sore hari. jadi ini dia alasan perasaanku gak enak.
selama didin n puji ngurus ke merpati, aku jagain barang sambil puter otak utk bisa balik ke surabaya malam ini. krn ibuku n masku uda di sidoarjo siap jemput aku. menurut merpati, flight diganti esok hari dan akomodasi siap ditanggung. tp aku ngliat beberapa penumpang merpati tiba2 check-in ke lion. berarti masih ada tiket tersisa. aku ijin ke didin n puji utk cari tiket, dan aku dapet tiket itu. dg harga 2 kali lipat harga normal. tp didin n puji yg akhirnya jg cari tiket terpaksa gigit jari krn tiket uda habis.
jujur aku gak enak hati, aku ngrasa egois, tp aku ngrasa hrs pulang malam ini, krn ibu n mas uda siap jemput. kalo mereka balik ke malang tanpa ada aku jg rugi, aku balik skr juga bayar tiket mahal juga rugi. jd aku berani ambil keputusan ini. aku pengen nangis pas pamitan ke didin n puji, rombongan liburan ini terpecah krn maskapai pemerintah yg utang bermilyar-milyar sehingga gak dikasih avtur buat terbang. lagi2 lombok dg misterinya, slalu ada yang hilang di malam hari. aku sendirian.
pesawat lion ternyata juga delay, disini dapet temen baru, mbak fenny n lusi yg sama2 suka keliling indonesia. cerita tentang pulau di kalimantan. someday, i will be there :’)
naik pesawat baling2 bener2 nyeremin. baru sekarang aku ketakutan naik pesawat. tapi alhamdulillah, jam 22.15 WIB aku mendarat dg selamat di juanda.
bertemu ibu, mas momy, dan sampe malang jam 01.30 tgl 18 Oktober 2011.

itulah sekelumit cerita perjalanan seruku dg teman2 ke Lombok yang menyimpan keindahan alamnya, dg berjuta cerita dan misteri di dalamnya.
terimakasih pada shelly n keluarga yang bersedia kita repotin berhari2, dan maaf buat puji n didin yang kutinggal pulang duluan.
makasih Allah utk karunia ini. alhamdulillah.