hujan dan pelangi

selamat sore, kekasihku.
sekarang Malang lagi musim hujan. sama seperti 6 tahun yang lalu. setiap sore, setiap kita pulang kuliah. dimana aku suka dengan hujan. karna tiap kali hujan, tentu kita tak bisa langsung pulang ke rumah. kita ngobrol dulu di tangga bawah ruang kuliah kita. sembari melihat indahnya pelangi di langit putih.

hujan,
menyimpan berjuta kenangan aku dan kamu. karna dalam tiap tetesan air hujan dari langit, seperti diserukan pada dunia bahwa aku mencintaimu. apakah kamu bisa mendengar seruan itu? bahkan hingga saat ini, saat aku menulis surat ini, aku masih mendengar seruannya. aku mencintaimu.

hujan,
membasahi rumput-rumput kering di taman belakang kampus kita. membuat bunga merekah di keesokan harinya. dan sisa tetesan airnya tampak kemilau ditimpa sinar mentari. aku seperti rumput keringnya, kamu hujan. aku seperti bunga yang mereka, kamu seperti sinar mentari. itulah cinta kita.

namun, hujan juga yang memisahkan kita. ironis. kala itu aku membenci hujan. saat kita berkeliling kota dengan sepeda motor kesayanganmu itu. kita terjatuh kemudian aku terbangun di sebuah ruang bernuansa putih. aroma yang aku benci dan suasana yang tak mengenakkan hati. semua menangis, dan ibu menghampiriku, membelaiku dan membisikkan padaku kata-kata itu. “Donny meninggal”

butuh waktu untukku untuk tidak lagi membenci hujan, untuk tetap mencintai hujan. tapi aku tak sanggup. untungnya, beberapa hari yang lalu, saat aku keluar rumah. tak jelas mau kemana, aku bertemu hujan. dan setelah hujan berhenti, muncul pelangi seperti yang kita lihat bersama terakhir kali. kemudian aku merasakan rasa yang sama seperti dulu, ada kamu di sebelahku, menggenggamku dengan hangatnya dan terhanyut menikmati pelangi.

aku sadar,
aku tetap mencintai hujan.
hujan yang mengingatkan aku padamu.
meski kita telah terpisah di dunia yang berbeda,
Tuhan memberikan pelanginya di tiap aku merindukanmu.

Bella,
yang selalu dan akan mencintai Donny.

Leave a Reply

