Kasih Sayangmu itu Sempurna

image

Aku suka dipeluk. Apalagi dipeluk olehmu. Pelukanmu itu menghangatkan jiwaku.
Aku suka rambutku dibelai. Apalagi dibelai olehmu. Belaianmu itu menentramkan hatiku.
Aku suka tanganku digandeng. Apalagi digandeng olehmu. Suhu tanganmu menyalurkan energi positif padaku.
Aku suka dipuji. Apalagi dipuji olehmu. Seolah aku ini adalah manusia terbaik yang diciptakan untukmu.
Aku suka ayam goreng. Apalagi ayam goreng buatanmu. Ayam gorengmu itu mengandung bumbu penuh cinta.
Aku suka es krim. Apalagi es krim yang kau belikan. Kita tertawa menjilat es krim kita seolah dunia ini tak punya masalah.


Terkadang aku tak suka dengan omelanmu. Sepertinya kau sangat cerewet sekali.
Terkadang aku tak suka dengan teriakanmu. Aku malu didengar tetangga sebelah rumah.
Terkadang aku tak suka cubitanmu. Sakit sekali hingga aku menangis. Tapi, sebentar, alasanmu mengomel, berteriak dan mencubitku itu karena salahku kan?
Alasanmu melakukan itu karena sebenarnya kau sayang aku kan?
Tiba-tiba aku teringat ceritamu yang selalu kupinta pada dirimu untuk mengulangnya berkali-kali. Padahal aku tahu dirimu bosan menceritakannya.
Malam itu, kau sendiri di rumah sakit. Kau menahan sakit. Di luar hujan deras. Kau pasrah. Sakitmu makin bertambah seiring malam makin gelap. Sakitmu makin terasa lagi ketika dokter menggunting jalan lahir tanpa membiusnya terlebih dahulu. Dan kau tertawa melupakan rasa sakit itu ketika kau mendengar tangis pertamaku.
Ekspresimu selalu sama di tiap kau bercerita hal itu. Meringis kesakitan, memicingkan mata, mengernyitkan dahi hingga akhirnya tersenyum paling bahagia.
Ah ibu, perjuanganmu melelahkan. Tapi tak pernah kau mengeluh di depanku tentang lelahmu itu.

Ibu, aku rindu kamu. Peluklah aku, belai rambutku, gandeng tanganku, puji diriku, masakkan ayam goreng untukku lalu kita jilat es krim dalam mimpiku malam ini.

~Potret-Bunda~

Leave a Reply

