Girl Talk : Kompleks, Pelik, Seru

Judul  : Girl Talk
Penulis  : Lala Purwono
Penerbit : Stiletto Book
Tebal  : 181 halaman
Genre  : Fiksi  

image

@mareretha #GirlTalk

Ini adalah buku karangan Lala Purwono yang pertama kali kubaca. Sengaja aku beli ketika mudik ke Malang dan baru kuselesaikan baca di Alor, NTT. Berisikan 30 cerita dengan 2 tokoh perempuan yang selalu berbincang dalam cerita tersebut. Dua perempuan yang bisa merupakan sahabat, saudara kandung dan juga seorang pengagum rahasia sahabat perempuannya sendiri alias lesbian.

Sebagian besar cerita di dalamnya berisi kegalauan dimana tokohnya berusia lebih dari 30 tahun dan masih lajang. Bercerita tentang cinta, patah hati, pernikahan, perceraian, dan banyak lainnya. Ceritanya khas dan memang cerita ini adalah fakta yang banyak terjadi di kehidupan nyata (Alhamdulillah, ndak ada kisahku terceritakan di buku ini. Hehe).

Dari cerita-cerita tersebut, aku rasa sang penulis punya banyak pengalaman tentang percintaan. Bisa dari pengalaman sendiri atau sang penulis merupakan tempat curhat yang enak atau mungkin penulis sengaja melakukan riset. Permasalahan yang diangkat begitu pula dengan solusi yang diberikan si pendengar dalam tiap ceritanya ya memang benar-benar riil. Setting cerita yang banyak mengambil tempat di Surabaya membuat saya yakin penulis begitu cinta dengan Surabaya.

Penulisan judul cerita yang keseluruhan ditulis dalam bahasa Inggris, saya rasa cukup mengganggu. Begitu pula dengan gaya percakapan 2 wanita di tiap cerita selalu saja ada dengan bahasa Inggris. Membuat cerita ini hanya akan dimengerti oleh pembaca yang bisa berbahasa Inggris. Dan hampir keseluruhan cerita diambil dari dua wanita usia 30an yang berasal dari ekonomi menengah ke atas, berpendidikan tinggi dan selalu tampil sempurna. Membuat buku ini tampak mengumbar kesempurnaan tanpa ada celah dari si tokoh dalam cerita.

Setiap buku pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihan yang dianggap pujian untuk sang penulis dan kekurangan untuk melecut sang penulis bisa menulis lebih dan lebih dari sebelumnya. Tentu saja dengan kelebihan itu dapat memberi manfaat pula pada pembacanya. Tiap cerita ada makna yang ingin disampaikan penulis dan penulis memberikan saran-saran bagi tiap permasalahan yang diceritakan. Meski buku ini isinya hanya tentang wanita, tak ada salahnya bagi para pria untuk membaca. Nambah wawasan tentang kegalauan perempuan.

Buku ini seru dibaca di sore hari sambil minum teh dan ngemil sehat. Dan hati-hati tersedak ketika membaca kisahmu diceritakan di sini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s