Cerita di Balik #15HariNgeblogFFDadakan

image

Hari 1, 17 Oktober 2012.
Weits, Mas @momo_DM lagi bagi-bagi judul dalam rangka mainan #15HariNgeblogFF. Buru-buru mention minta judul. Belum dibales. Mention sekali lagi. Gak dibales juga padahal yang lain uda dikasih judul ma dia. Hopeless.
@noichil : mention sekali lagi, Tha.
@mareretha : malu.
Sampai akhirnya mas @momo_DM ngeRT twitku tentang #MomenBerkilau. Kuutarakan kegundahanku yang 2x mention tapi gak dia bales. Dibilang gak ada mention dari aku. APAA?! Tapi dia baik, aku dikasih judul (Bukan) Waktu untuk Kembali jam 19.00 WITA. Batas akhir pengumpulan 23.00 WITA. Ngebut bikin deh. Eh, selesai hanya dalam dua jam (satu jamnya haha-hihi di twitter, satu jam lagi bener2 konsen bikin). Fiuh.  

Hari 2
Dikasih judul “Seutas Tali Rafia”. HEH?! Apa pula itu. Pengen bikin lanjutan dari cerita hari pertama dan voila, beneran bisa nyambung. Bercerita tentang nenek tua yang gak mau kursi leha-lehanya direbut ama tokoh pria. Si nenek jadi ngarang-ngarang cerita orang gantung diri pake tali rafia deh. Butuh imajinasi tinggi buat ngerti apa mauku di FF ini. FF ini diLIKE ama mas @momo_DM. Bihihiks.

Hari 3
Pagi-pagi banget nih. 6.30 WITA uda ada mention masuk. Wow, mas @momo_DM bagi-bagi judul. “Menghapus Agustus”. Berpikir keras masih kepengen bikin lanjutan FF hari kedua. Apa ya? Apa ya? Emm, baiklah. Si tokoh cowok harus move on dari tokoh Kirana. Tentang tulisan di kayu yang misahin meja panjang bar dengan meja panjang barista, terinspirasi dari salah satu adegan drama Korea, IRIS. Muahaha.  

Hari 4
Judulnya isi nama-nama orang. Dan aku dapet namaku sendiri, Maretha. Aduh, bener-bener gak enak rasanya ngetik nama Maretha tapi ceritanya fiksi. Mana Maretha Saraphova ini lesbi pula. Hish. Gagal dah bikin lanjutan cerita FF kemarin.  

Hari 5
Mas @momo_DM nyomot nama-nama hari. Aku kebagian hari Rabu Kelabu. Dilihat dari judulnya aja udah pasti mellow. Awalnya pengen bikin cerita tentang kekecewaan keluarga Maretha Saraphova yang ngliat live conference anaknya yang ngaku lesbi. Tapi kok semacam kurang kuat idenya. Eh, malah akhirnya bikin cerita cowok yang naksir pacarnya Maretha deh. Ahahaks. (Duh, Maretha yang asli yang bikin cerita gak lesbi kok :p)  

Hari 6
Setting kota tua, judul Lantai Sembilan. Apaan coba? Mana ada gedung yang tingkat mpe sembilan di kota tua. Ide awal, si Maretha lagi pemotretan di gedung lantai sembilan. Tapi, mengingat lagi, gak adanya bangunan tinggi di kota tua, ya sudah, ganti ide. Yang nongol ide serem tapi menurutku kurang serem. Ada yang bisa nebak gak kemana pak satpam yang lagi ngrokok n ngopi tapi tiba-tiba menghilang setelah si tokoh ngliat undangannya? Pak satpamnya pipis di belakang pos x))  

Hari 7
Hosh. Hosh. Separoh jalan. Masih lama hari ke-15-nya. Mas @momo_DM mulai ngawur bikin judul. Si @noichil dapet judul “Tukang Pijet Keliling” masaaaa. Kalo aku dapet “Pak Pos, I Love You”. Ini harus romantis. Harus! Gimana kalo pacar yang ngasih surat ke pasangannya di taman kota gitu? Ah, biasa. Ide kuno. Lalu muncul ide romantis, seorang tukang pos ngasih surat yang dinanti-nanti perempuan muda. Di akhir cerita, pembaca pasti dikejutkan kalo tukang pos itu ayah dari penerima surat. Aku aja terharu pas ngetik ini FF. Tentang kenapa desain grafis, kenapa London, karena ada seseorang yang kuliah desain grafis trus ke London ikutan lomba. Ahiks. Kalian gak perlu tahu siapa sosok yang menginspirasi terciptanya Lulu.  

Hari 8
Mainan warna sekarang. Aku dapet warna hitam. Udah gitu kusam pula. Iissh, cerita sedih lagi. Males. Horor, horor. Apa ya? Ato komedi? Mmm. Ide pertama, hitam kusam adalah seekor kucing yang ditemukan di pasar. Tapi gak jelas buat apa nanti si kucing itu, malah nyasar jadi ngomongin rambut kusam. Heleh. Absurd!  

Hari 9
Kayaknya mas @momo_DM pengen buka toko bunga. Aster Sang Suster. Namanya si suster itu Aster? Ato si suster suka bunga aster? Gak ada yang istimewa sih. Ngalir aja ngetik ini cerita. Dan tiba-tiba udah jadi aja, gak pake ngedit lama. Mulai niat googling, bunga aster itu melambangkan apa. Temukan jawabannya di akhir cerita FF hari ke-9.

Hari 10
Memperingati hari Idul Adha temanya doa di tempat ibadah. Doa terakhir. Aku pengen gereja. Pengen banget bikin cerita di situ. Nyeritain tentang dua sejoli beda agama yang berdoa untuk terakhir kalinya pada Tuhan agar bisa disatukan. Tapi, tapi, tapi, aku gak terlalu ngerti tentang cara berdoa dan pengakuan pada pastor atau pendeta. Akhirnya rombak ide jadi cerita romantis. Asyik juga ya dilamar pas nikahan kakak sendiri. *mulai ngayal* *kakakku uda nikah smua bwek*. Tokoh Alia yang diceritakan sebagai penyandang cacat tuna rungu dan wicara tapi bisa membaca gerak bibir terinspirasi dari tokoh Sartika dalam buku Cerita Sahabat 2. Ehehe.  

Hari 11
Mari main ke kebun binatang. Retha, main capung yuk. Ini binatang sukanya dulu nongkrong di kursi ruang tamu rumah dinasku. Mau nyeritain doi yang suka nemenin aku main laptop di situ, tapi capungnya mau diapain? Terbang weeer~weer terus hinggap di kursi terus ? Bingung kaaan? Googling lagi deh apa hebatnya capung. Wah, ternyata dia serangga yang terbang tercepat mirip pesawat. Jadilah si tokoh anak perempuan yang diterima sekolah Taruna Penerbangan Curug sana terinspirasi dari adik TS yang dulu sama-sama bertugas di Bukapiting dan dari cerita seorang pilot wanita muda di Indonesia (lupa namanya) yang pengen nerusin cita-cita papanya buat jadi pilot :’)  

Hari 12
Sumpah pemuda! Ada Sumpah di Dadaku! Pengen nyeritain diri sendiri dan almarhum eyang kakung. Tapi apa ceritanya? Bingung sendiri. Soalnya ke TMP tiap lebaran, tabur bunga, kirim doa, udah. Nothing special dengan rutinitas setahun sekali itu. Idenya akhirnya muncul pas nyari gambar buat cerita ini. Seorang perempuan berdandan layaknya pengantin memegang bouquet bunga di bawah hujan yang sedang meratap. Ihiy, cerita bunuh diri ada lagi deh di blogku.  

Hari 13
Dikasih judul ama @ManDewi. Orang Ketiga di supermarket. Gak boleh yang sedih-sedih pokoknya. Harus bahagia. Dan yah, yang terpikir pertama langsung orang ketiga itu calon anak yang dikandung tokoh perempuan. Uh, pake acara curiga ama adik sendiri. Ini ide kayak begini dapet dari sebuah cerita dewasa tentang perselingkuhan pasangan dengan adiknya sendiri. Tapi kalo cerita yang kubaca ya beneran pengkhiantan. Kalo ini kan kejutan. Heuheuheu.  

Hari 14
Yang ngasih judul @OdetRahma, Hujan Dini Hari. Langsung muncul di otak adalah cerpennya @wira_panda yang ada di buku Cerita Sahabat 2 ama FFnya @monstreza yang berjudul Hujan Kesekian. Trus dua cerita itu mau diolah apa coba? Bingung ndiri. Ujung-ujungnya malah jadi cerita orang sakit. Orang nekrofilia. Kebayang cerita kayak gini karena teringat film horor asal Thailand judulnya 3. Ngetik ama merinding disko. Hih.  

Hari 15, 31 Oktober 2012
Hari terakhir😦 hiks. Sedih. Diiming-imingi makanan pula ma Mbak @WangiMS. Sayur Asem, Sambal Tomat. Itu makanan yang biasa aku masak di rumah dinas sini. Pertamanya pengen bikin cerita cowok yang alergi makan di warung tapi begitu nyobain sayur asem salah satu warung, dia jadi ketagihan tapi malu ngaku. Kurang seru ya? Iya nih. Ganti ide langsung di tengah-tengah ngetik pas masih dapet 3 kalimat pertama. Entah kenapa terbayang-bayang daging RW (suer aku gak pernah makan ni daging kok). Sekalian ngasih info buat yang belum tahu apa itu RW siy. Hahahanjing! :p  

Hari 15+1, 1 November 2012
Eh buset, uda 1150 kata. Ini ucapan model apa coba panjang amat. Ahaha. 15 hari konsisten nulis. Awalnya ragu tapi ternyata ketagihan. Seneng banget. Udah gitu bisa dapet kenalan baru, bisa baca-baca tulisan pejuang lain yang secara otomatis nambah perbendaharaan diksi. Hihihi.  
Senang bisa bergabung jadi pejuang #15HariNgeblogFFDadakan yang disiplin. Karna itulah blogku rame dikunjungi pembaca. Berharap semoga FF yang uda ada bisa dikumpulin ma mas @momo_DM ma mbak @WangiMS jadi antologi. Aku tunggu yaaa. Dan semoga bisa ketemu lagi di proyek nulis yang lain❤

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s