DESTINASI

tumblr.com

tumblr.com

Waktuku banyak tersita karena promo yang dikeluarkan Air Asia. Doi secara jelas-jelas bilang (di Twitter) bakal ngeluarin tiket kursi gratis dengan berbagai destinasi buat bulan Agustus 2013-Februari 2014. Gimana aku gak kalang kabut dengan kabar bahagia itu? Yang aku butuhkan hanyalah liburan. Butuh lepas dari penat ini. Mumpung gak ada kerjaan juga setelah kelarin deadline nulis keroyokan bulan Maret.

Aku rela begadang untuk menanti jam 23.00 WIB, jam dikeluarkannya promo tersebut. Aku sudah menyiapkan rencana A, B, C atau D. Bila rencana A gagal, langsung beralih ke B, dan begitu seterusnya. Kalo ternyata tetap gak dapet rencana D? Ya sudah, meratapi nasib saja.

Kurang 15 menit lagi. Mataku mulai ngantuk. Siang tadi aku rela tak tidur karena mencari informasi tentang itinerary para travel blogger. Aku mencari jam-jam terbang Air Asia karena aku panik melihat tujuan yang dikeluarkan Air Asia. Rencana A sepertinya sudah gagal. Gak ada penerbangan lanjutan Surabaya-Kuala Lumpur-Hong Kong. Saking paniknya, aku sudah tak tahu lagi menyimpan bolpoin di mana, langsung kusikat eyeliner pensilku untuk menuliskan jadwal penerbangan Surabaya-Kuala Lumpur dan Kuala Lumpur-Hong Kong. Mereka-reka jadwal mana yang pas biar gak butuh nginep di KL.


Teng! Jam 23.00 WIB. Belum ada twit terbaru dari Air Asia. Ini udah buka apa belum sih? Ku-scroll timeline. Salah satu temanku bilang dia sudah masuk waiting room buat booking. Lah? Udah buka? Cepat-cepat aku mengetikkan keberangkatan, kedatangan dan tanggal berangkat. Dan oke, masuk waiting room untuk selanjutnya ditampilkan harga tiket sungguh sangat lama. Mungkin 10 menit kemudian, harga tiket sudah terpampang.

Jeng-jeng!

Surabaya-Hong Kong dengan transit KL ada! Aku sudah gembira. Tapi begitu melihat harganya, aku tak menjadi gembira. 2,5 juta PP belum bagasi, makan, dan asuransi nampak mahal untukku. Buatku yang belum terlalu sering bepergian ke luar negeri, langsung dihantui pertanyaan. Nanti di sana mau nginep di mana? Nanti di sana susah gak pake bahasa Indonesia lho. Nanti di sana makannya susah cari yang halal. Aaarggh! Kelamaan mikir ini-itu, akhirnya aku di-kick dari booking room kembali ke waiting room.

Rencana B. Surabaya-KL. 1 juta PP. Kok mahal lagi sih? Mana yang katanya gratis? Air Asia boongin aku. Langsung kututup semua halaman web. Kutinggal tidur dengan hati dongkol. Sebenernya ada gratisan gak sih?

Keesokan harinya saat di rumah sakit, aku iseng mencari penerbangan Surabaya-Hong Kong dengan berharap harganya gak semahal yang semalem aku lihat. Penerbangan lanjutan gak bisa dibuka pake mobile. Kubuka Surabaya-KL, malah jadi mahal. Iih, lanjut plan C dan D deh. Luar negeri coret dulu.

Surabaya-Makasar. Not available. Cari lagi. Still not available. Rrrgghh!

Surabaya-Medan. Waow! Waow! 600rb PP. Kayaknya ini pas deh. Kuteruskan pada halaman mengisi data penumpang, milih bagasi, nyentang asuransi, dan terakhir pembayaran. Crap! Must be paid with credit card. Aku gak punya kartu kredit woy! Maklum ini buka pake Blackberry jadi sistem pembayarannya cuma bisa pake kartu kredit. Jadi kuurungkan lagi niatku.

Kubuka BBM. Ada satu dari dia. Sepuluh menit yang lalu.

Jadi dapet huntingnya semalem?

Kuketik balasannya dengan penuh emosi.

Hey, aku gak nemu tiket ke Hong Kong.

Mahal. Gak sesuai ekspektasi dan gak kayak katanya para travel blogger itu.

5 menit kemudian baru ada balasan.

Yah, sayang banget.

Trus jadinya ke mana?

Kuketikkan dengan segera.

Mungkin Medan🙂

Wow! Aku tunggu kamu di sini.

Tapi, aku belum bisa booking. Harus pake CC.

Nanti kalo udah nyampe kos baru bisa buka web biar beli pake debit.

Ya udah, gapapa.

Seorang perawat memanggil namaku dengan kencang. Percakapanku dengannya terhenti. Buru-buru kuhampiri perawat yang memanggil. Di ruang gawat darurat sudah terkapar banyak pasien kecelakaan. Berarti ini kerja lembur. Bisa-bisa aku pulang melebihi jam kerjaku. Dan itu nyata terjadi.

Mungkin aku sudah seperti zombie berjalan saat memasuki kos. Mataku sudah setengah cowong, tak ada gairah dalam hidupku. Begitu melihat kasur, langsung aku ketiduran.

Pagi hari setelah bangun dengan segar, otakku memerintahkan kedua tanganku melakukan hal lain selain mandi. Membuka MacBook Pro dan kembali mampir di Air Asia.

Iseng memasukkan Surabaya-Makassar.

Voila! Penerbangan itu tiba-tiba ada! Dengan harga yang jauh lebih murah. 350 ribu PP untuk bulan Mei bahkan. Tanpa banyak tanya, langsung aku booking. Masalah itinerary itu gampang, bisa diatur. Yang penting punya tiket dulu. Ahahaha. Aku sudah membayangkan betapa nikmatnya konro bakar Karebosi.

Cerah ceria sekali muka yang ada dalam bayangan cermin itu. Meski belum mandi, dia tampak gembira. Ya, itu bayanganku sendiri setelah mendapat tiket murah. Makin menjadi-jadi rasa riangku setelah menemukan panduan wisata ke Makassar di internet.

Segera kuambil Blackberrry dan mengetik percakapan.

Hey, aku gak jadi ke Medan. Hehehe,

Tanpa waktu lama, dia langsung membalas.

Lho? Kenapa?

Nemu tiket murah ke Makassar.

Tapi kan di Makassar gak ada aku

:$

Ya biarin dong.

Aku kan lebih sayang tiket murah daripada kamu!

Bdw, kamu kan suka baca novel nih, tau Ika Natassa kan?

Ih, itu kan idolaku. Semua novelnya udah kubabat habis!

Tapi sayang ya kamu gak jadi ke Medan.

Emang kenapa?

Kalo kamu ke Medan, mau aku kenalin ke Mbak Ika.

Ih!

Emang kamu kenal?

Hahaha, bukan cuma kenal. Tapi deket! Dia kan satu kantor ama aku.

Apaaaaa?

Makanya, ke Medan aja. Ketemu Ika Natassa.

Kyaaaaa…

Otakku mulai gila. Senyumku mengembang paling lebar. Kubuka lagi halaman Air Asia. Kubooking tiket Surabaya-Medan PP dengan jadwal keberangkatan akhir Agustus demi bertemu dengan penulis favoritku. Sekaligus ini akan menjadi perjalanan ternekatku. Untuk pertama kali bertatap muka dengan si pria periang pecinta travelling yang hanya kukenal lewat Twitter dan blognya yang kemudian berlanjut ngobrol lewat BBM. Meski masih bulan Agustus, yang penting tiket sudah di tangan. Sekalian jadi destinasi terakhir pencarian jodoh, mungkin?😎

5 thoughts on “DESTINASI

Leave a Reply

