Indonesian Romance Reading Challenge: #10 Cerita Cinta Kota

image

Judul: Cerita Cinta Kota
Penulis: Dian Nafi, Nita Aprilia, Dita Hersiyanti, Fakhrisina Amalia, Rizky Suryana, Ismaya Novita, Rina Wijaya, Mario Mps, Noury, Winda Az Zahra, Dwitasari
Penerbit: PlotPoint
Tebal: x + 216 halaman

Kota dan hati tumbuh dengan cerita

Adalah sebuah omnibook yang mengisahkan cerita dari sepuluh penulis pemenang kompetisi #CeritaCintaKota bersama penulis buku bestseller Raksasa dari Jogja, Dwitasari. Sebenernya dulu aku ikutan juga kompetisinya, tapi belum beruntung. Ahihihi.

Buku ini mengangkat tema cerita cinta di tiap kota yang bisa membangkitkan kenangan kita yang miliki. Cerita cintanya tak selalu manis juga tak melulu getir. Semua rasa campur dalam satu buku yang dikemas apik.

Like always, buku ini memiliki 11 cerita, berarti harus memilih beberapa cerita favorit versi Retha. Dan ini dia 4 cerita yang meninggalkan kesan dalam hatiku *uhuk*,

1) Kopi Cinta di Grebeg Besar oleh Dian Nafi
Siti Bakilah, seorang gadis yang terlibat cinta oleh Lukman, seorang pedagang saat acara Grebeg Besar di Demak. Siti selalu mencuri waktu untuk bisa bertemu dengan Lukman pada keramaian acara ini, tentunya tanpa harus ketahuan orang tua Siti. Hingga acara Grebeg Besar akan selesai berarti Lukman harus kembali ke Bandung. Mereka mulai bimbang akankah bisa bertemu lagi. Dan sebuah keraguan nyata terlukis pada hati Siti. Karena apa? Baca sendiri akhirnya.
Eksekusi yang menegangkan di akhir cerita. Ndak nyangka beneran. Great!

2) Matahari di Kota Matahari okeh Winda Az Zahra
Starla, gadis yang terpaksa putus sekolah demi mengikuti ke mana pun ayahnya pergi harus menjejakkan kaki dan tinggal sementara di Bojonegoro yang panasnya minta ampun. Daddy, begitu Starla memanggil ayahnya, berusaha menyenangkan anaknya dengan mengajak berwisata. Kali ini saat berwisata, Daddy menyewa seorang sopir asli Bojonegoro. Starla mulai jatuh cinta pada keluguan si sopir, pada ketekunannya untuk tetap sekolah meski menyambi menjadi sopir. Starla mulai ragu dengan perasaannya pada Ari, panggilan si sopir, ketika akan meninggalkan Bojonegoro. Starla berniat menghadiahkan sebuah ponsel namun ditolak oleh Ari. Dan alasan itu membuat daddy geram. Apa alasan Ari? Bagaimana kisah cinta Starla?
Ceritanya sweet plus nggemesin. Pasti kalo kalian baca cerita ini juga jadi gemes sama Starla yang berkarakter manja centil sekaligus pada Ari yang polosnya amun-ampun.

3) Cintaku Datang Lewat Omed-omedan oleh Rina Wijaya
Gita, gadis 18 tahun yang tinggal di Desa Sesetan, Denpasar diharuskan mengikuti prosesi Omed-omedan. Sebuah prosesi dimana pemuda dan pemudi Hindu yang berusia lebih dari 17 tahun sampai 30 tahun dan belum menikah diharuskan berkumpul kemudian akan ditarik ke tengah untuk dipasangkan dan harus berciuman. Gita merasa deg-degan dan tak siap dengan prosesi ini. Dan akhirnya dia memilih kabur saat prosesi berlangsung. Setelah itu dia bertemu dengan Athan yang juga kabur dari acara Omed-omedan. Selesai acara Omed-omedan, mereka tak pernah bertemu lagi. Takdir berkata lain, ternyata Athan adalah kakak tingkat Gita di kampus. Dari situlah benih cinta dalam hati mereka mulai tumbuh dan kisah kasih mereka mengalir romantis. Seromantis kota Denpasar di Pulau Dewata.
Kalo gak baca cerita ini, aku gak bakal tahu ada prosesi setelah Nyepi yang namanya Omed-omedan. Hell yeah, aku yang lagi keranjingan traveling jadi kepengen liat prosesi ini T~T

4) Pintu Ke-1001 oleh Rizky Suryana Siregar
Mengisahkan tentang rasa kurang percaya diri yang dimiliki Shalimar. Gadis berusia 27 tahun tapi belum memiliki pacar. Dia merasa wajahnya tidak cantik, kulitnya hitam, tubuhnya gemuk. Jauh dari sempurna. Fred, sahabat terdekatnya menyarankan Shalimar untuk mencari pintu ke-1001 di Lawang Sewu, Semarang, mengikuti jejak sepupunya yang setelah menemukan pintu tersebut, tak lama kemudian menemukan jodohnya. Shalimar begitu bersemangat. Dia.meneriakkan keinginannya di bangunan teratas di Lawang Sewu. Dan kemudian hidup Shalimar berubah. Dia bertemu dengan seorang pria. Fred ikut senang walau sebenanrnya ada rahasia di balik pintu ke-1001 tersebut.
Pesan moral yang disampaikan pada cerpen ini begitu terasa. Karena kecantikan sejati adalah kecantikan dari hati kita, dari dalam pribadi kita.

7 cerita lainnya bukan berarti jelek. Semuanya bagus. Apalagi ada temen saya ikut sumbang cerita di sini. Namanya Nita Aprilia. Judul ceritanya Cinta Keranjang Apel. Ceritanya ini bagus kalo buat anak SMP-SMA, buat ngayal-ngayal unyu. Ahihihi. Ngambil setting di Malang jelas bikin bangga. *cup emuah buat @nitawanita*

Beberapa yang bikin saya agak kirang sreg dengan buku ini adalah covernya. Buat saya terlalu rame. Lantas, kenapa ndak ada kota di Indonesia Timur yang punya kisah cinta di buku ini? Semuanya terpusat di Jawa. Lalu kapan Indonesia Timur yang punya banyak kota eksotis bisa diangkat? Huhuhu. Tapi ya, gak mungkin semuanya sempurna. Pasti semua ada kekurangan buat diperbaiki ke depannya. Oke? *bijak mode ON*

Yang mau tahu keindahan kota, terutama di Jawa, sekaligus indahnya cinta yang terjalin di dalamnya, baca buku ini ya ^^

Nilai 3,25 dari 5😉

One thought on “Indonesian Romance Reading Challenge: #10 Cerita Cinta Kota

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s