(Preambule) Journey to South Celebes

Masih ingat dengan promonya Air Asia di awal tahun tepatnya di bulan Januari? Sebegitu penginnya dapet kursi gratis dari AA, aku rela turun gunung kembali ke kota Kalabahi, Alor, buat mantengin itu website. Memang aku sudah niat dalam hati bahwa sepulang dari Alor, aku mau ngajak ibuku jalan-jalan. Sebisa mungkin ngasih yang beda buat ibuku, gak kere-kere amat, tapi ya jangan mewah juga karena aku maunya ngebiayain semuanya. Biar si Ibu tinggal duduk manis dan tunjuk ini itu pengin apa.

Sudah bertekad dalam hati pengin ke Hong Kong. Pokoknya Hong Kong di tahun 2013. Namun, apa yang terjadi?

Harga tiketnya gak sesuai harapanku. 1 orang PP bisa 2,5 juta sendiri. Hiks. Padahal dalam anganku pengin dapet yang harga maksimal 1,5 juta. Lha ini berdua sama ibuk udah habis 5 juta sendiri. Belum nanti biaya hidup di Hong Kong. Aaaaaak. Akhirnya aku memusnahkan Hong Kong dari destinasiku. Dan mulai mencari destinasi domestik yang belum pernah kukunjungi. 2 pilihan, Medan atau Makassar. (Eh, numpang nanya juga sik, sebenernya harga 2,5jt PP naik AA di bulan September ke HK itu murah gak? Yang dikategorikan murah itu yang harga berapa? Hal ini akhirnya jadi pertanyaanku sampe sekarang.)

“Buk, maaf ya ndak jadi pergi ke Hong Kong. Aku gak yakin nanti sanggup bayar semuanya. Diganti di Indonesia aja tapi yang kita belum pernah ke sana. Ibu milih Medan atau Makassar?”

“Ya terserah kamu. Yang bayarin kan kamu. Ibuk manut ae.”

Naini yang aku gak suka. Jawaban terserah ._.

Mengingat aku punya teman di Medan, sepertinya aku mau ke Medan. Lihat harganya 600rb sekali jalan, berarti harus merogeh kocek 2,4 juta buat berdua dan sampai lagi di Surabaya. Kok rasanya masih berat ya? Dan sepanjang hariku, di tengah tidurku, aku tak pernah tenang karena belum dapat tiket jalan-jalan buat ibuku.

Keesokan harinya, aku menerima BBM dari Ibuk.

“Ret, rute Makassar itu rute baru ya? Itu di koran kok ada promonya.”

Langsung segera tancap jempol di browser dan menemukan harga promo Surabaya-Makassar. Periode terbangnya juga tidak perlu menunggu terlalu lama. Tanpa banyak pikir, lihat kalender, langsung booking 2 tiket PP SUB-UPG atas namaku dan Ibuk. 700rb berdua include bagasi yang diharuskan beli di penerbangan domestik dan asuransi. Hihihi.

Berbulan-bulan kemudian setelah kejadian menentukan destinasi liburan yang memusingkan di bulan Mei 2013, tepatnya 1 minggu menjelang keberangkatan.

Awalnya kan pengin bikin trip berduaan aja nih sama Ibuk, tapi si @aninouz pengen ikutan dan dapet tiket promo dari Citilink. Eh, tiba-tiba si Om @Tukang_Jalan juga ikutan dan mengajak 1 temannya, @anggunsugesti. Setelah dipikir-pikir lumayan juga lah buat share cost. Nah, mulailah kami pusing dengan itinerary karena aku pengen ke Toraja, sedangkan si Anin n Om pengen ke Bira juga. Bikin jumpalitan nanya ke sana kemari buat yang udah ke Toraja sama Bira. Karena aku mikirnya harus milih satu aja, kalo gak Toraja ya Bira. Gak bisa dua-duanya. Mengingat aku dan ibuk cuma punya waktu 4D4N di sana, sedang yang lain 6D5N. Lihat aja itu jarak Toraja ama Bira di peta di atas. Jauh? Banget.

Sementara inilah itinerary awalku, aku bakal ikut ke Toraja bareng mereka dan selanjutnya misah sendiri. Yang mau mencontoh, silahkan, tidak dipungut biaya kok.

15 Mei 2013
19.10 sampe di Makasar
21.00 naik bus ke Toraja
16 Mei 2013
06.00 nyampe Toraja
08.00-selesei jalan keliling Toraja, entah mau ke mana aja terserah
21.00 bobok cantik
17 Mei 2013
09.00 balik ke Makassar
18.00 nyampe Makassar, langsung cus ke hostel
19.00 Wisata kuliner di Datu Museng. Mau ke RM Lae-Lae sama makan Mie Titi
21.00 balik hostel
18 Mei 2013
08.00 cari sarapan Coto Makasar, wisata pulau Samalona
12.00 main ke Fort Rotterdam
13.00 kuliner ke Konro Karebosi
14.00 cari oleh-oleh di Sumba Opu
16.00 jalan ke Losari buat liat sunset sambil makan pisang epe n pisang ijo
19.00 cari makan malam
21.00 balik hostel, packing
19 Mei 2013
09.00 jalan ke Bantimurung
12.00 menuju Bandara
15.30 boarding ke Surabaya

Udah oke kan ini itinernya? Tapi mendadak dapet telepon dari si Om yang bilang kalo temennya nanti pulangnya bareng aku juga di tanggal 19, jadi masih bisa lah kalo nanti dari Toraja langsung bablas Bira biar sekalian share cost sewa mobil dan tetep pergi bersama-sama. Inilah itinerary yang ditawarkan oleh Om.

15 Mei 2013
19.10 sampe di Makasar
21.00 naik bus ke Toraja
16 Mei 2013
06.00 nyampe Toraja
08.00-selesei mulai jalan keliling Toraja, entah mau ke mana aja terserah
21.00 bobok cantik
17 Mei 2013
pagi langsung ke Bira dan entah jam berapa sampe Bira dan ngapain aja di Bira
18 Mei 2013
pagi main di Bira
sore balik ke Makasar
19 Mei 2013
silahkan bersenang-senang di Makasar dan jangan lupa jam udah 15.30 boarding ke Surabaya

Dengan iming-iming itinerary si Om dan jaminan kalo aku bisa wisata kulineran di Makassar di hari terakhir, aku sudah menyiapkan diri kalo nanti ternyata beneran ikut ke Bira. Aku gak googling lebih jauh nanti di Bira ada apa aja, bakal ngapain aja, aku pasrah ngikut aja. Kan ini masih rencana cadangan. Bisa balik lagi ke itinerary awal. Tapi sebentar. Kalo jadi ke Bira berarti ini ceritanya ngajak Ibuk backpackeran dong? Waduduuh. Dan gara-gara itinerary cadangan itu pula, aku ngebelain beli backpack front load biar gak bawa koper, biar Ibuk gak nenteng barang banyak-banyak. Ya kan siap-siap kalo beneran ke Bira. Bzzz.

Terus, akhirnya itinerary mana yang dipake?

Bukan dua-duanya. Iya. Aku ulangi, BUKAN DUA-DUANYA. Ya meskipun gak beda-beda amat ama itinerary kedua. Tapi menurutku lebih gila aja gitu. Apalagi ada emakku >_<

Lantas gimana gilanya? Nasib Ibukku juga gimana?

Masih mau tau lanjutan ceritanya kan? Iya kan? *mata melotot* *mainan pisau plastik disayat-sayatin ke perut* *perut boneka*

Kalo mau tau gimana itinerary yang akhirnya terlaksanakan dan gilanya perjalanan ini karena membawa satu orang ibu-ibu usia di atas 50 tahun, tetap tunggu lanjutan ceritanya yaaaa. Hihihi. :*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s