TUHAN PUNYA RENCANA INDAH

Sebaik-baiknya tupai melompat, pasti akan jatuh juga.
Sebaik-baiknya rencana liburanmu, pasti akan pernah gagal juga

Januari 2013
Kala itu maskapai Air Asia mengadakan promo 2 juta kursi gratis. Namanya juga kemaruk, asal beli return ticket ke Jakarta buat Agustus.

Maret 2013
“Ret, nanti bulan Agustus, mas Krisna nikah loh. Kamu tanggal berapa ke Jakarta? tanya ibuku.
“21-27.”
“Buset, lama banget sik. Itu Mas Krisna nikahnya tanggal 24 lho.”
“Walaah. Yo wis, kalo gak dateng nikahannya juga gak papa kan? Aku tetep ke Jakarta aja boleh?”
“Ya boleh. Terserah kamu.”
“Gampang lah ntar jadi ke Jakarta ato enggak. Agustus masih lama.”

Agustus 2013
Makin mendekati tanggal keberangkatan makin bingung. Nanti di Jakarta sana bakal nginep di mana, kan sodara di Bekasi malah pada dateng ke Malang buat ke kondangan sepupu. Trus tanggal 25, ada sahabat nikah juga di Surabaya. Itu wajib dateng banget. Gak bisa enggak dateng. Oke lah, bikin schedule baru. Mengingat punya tiketnya pulang tanggal 27 dan itu mau gak mau dihangusin, aku cari alternatif pulang lewat Bandung naik kereta. Kan sekalian tuh ke Bandung mau jengukin seseorang getoooh.

21 – Bisnis dulu sama kakak di Bekasi, minta dia nemenin jalan, sekalian nginep aja rumahnya.
22 – Senang2 di Jakarta dan sore berangkat ke Bandung.
23 – Having fun di Bandung, sore balik ke Malang.
24 – sampe Malang dengan selamat. Malem langsung ke kondangan sepupu.

Wah, ini perfect banget deh. Makanya aku rela jaga terus pas awal Agustus sampe pas Lebaran pun aku masih masuk kerja demi libur panjang ke Jakarta-Bandung.

Tapi Tuhan punya rencana lain selama aku nyari temen jalan.
1. Kakak yang punya bisnis sama aku mendadak pulang ke Surabaya ada acara keluarga
2. Tanggal 21-23 itu hari kerja. Susah cari temen jalan di siang hari. Temen twitter juga pada sibuk tanggal segitu T.T
3. Yang mau dijengukin di Bandung, orangnya aneh. Gak jelas. Dibilangin kalo aku bakal main ke Bandung dengan maksud minta ditemenin gitu lhoo, eh, dia malah nanggepin gini, “ya ntar main aja ama temenmu yang punya rencana beli tas di aku.” Lah? Piye toh, Jal? Dasar cowok gak bisa dikode!
4. Nikahan sepupu tanggal 24 tiba-tiba berubah jadi siang. Yaelah. Kalo baru sampe Malang pagi harinya, terus stamina aku harus jadi stamina kuda gitu? Krik.

Dengan berat hati di awal, aku merelakan libur panjangku ini batal ke Jakarta-Bandung. Dan terbitlah rencana jalan ke Batu. Iya, mau nyambangin wisata-wisata baru yang mana aku belum pernah ke sana. Niat utamanya itu hunting foto dengan maksud foto tadi bakal dikirim ke majalah traveling buat ngisi pundi-pundi tabungan untuk keliling dunia.

Tanggal 22 kuplot buat jadi tanggal pergi ke Batu. Itinerarynya Batu Secret Zoo, Museum Satwa, Eco Green Park, Jambuluwuk Resto and Resort dan Alun-Alun Batu. Ada temennya gak? Let me introduce her, @noichil. *plok-plok-plok-plok*

Jam 12.05
Berangkaaaat! Dengan ceria, aku duduk di balik kemudi Pesi yang baru saja dibongkar dan @noichil duduk manis di sebelahku.

12.20
Landungsari macet.

12. 50
Krik. Mobil gak bergerak. Terlihat barisan karnaval sekitar 20 meter depan kami.

13.10
Lewat pesan BBM yang dikirim oleh mbaknya @noichil bahwa telah diadakan karnaval di sepanjang jalan depan UMM, Landungsari yang menyebabkan kemacetan total.

13.20
“Pak polisi, minta tolong ya. Saya mau puter balik. Hiks.”

Singkat kata, liburan kami gagal. Bayang-bayang binatang yang lucu nan menggemaskan di Batu Secret Zoo tinggallah kenangan. Keinginan foto lampion-lampion di Alun-Alun Batu pupus sudah. Buyar juga harapanku mengirim artikel ke majalah.

Bete? Lho ya jelas. Tapi udah terlanjur ada di jalanan, gak mungkin langsung balik ke rumah. Tetap harus ada plan berikutnya!

“Mbak, udah pernah coba mie ramen di ITN?”

“Belom, Tha.”

“Ke sana yuk.”

13.40, Kedai Mie Ramen
2 orang perempuan yang duduk sebelahku tampak menyantap mie dalam mangkoknya tanpa gairah dan dalam kecepatan lambat. Itu mbaknya gak doyan ato mienya enggak enak? Katanya sih ya, mie ramen di sini enak. Apalagi buat pecinta pedas. Mie ramen disajikan dalam tingkat pedas yang beragam. Dari level 1-5. Retha, seseorang yang baru bisa makan pedas setelah putus dari pacar terakhirnya, memesan mie ramen pake topping crab ball level 2.

image

Looks Yummy!

Suap pertama kuah mie ramen, huhaaah! LEVEL 2 UDAH PEDES KEK GINI? AMPUN, OOM!

Udah hati suasana lagi panas karena gagal liburan, kok ya malah makan pedes-pedes gini? Kesalahan fatal!

Dari situ aku sadar kenapa mbak-mbak tadi makan dengan kecepatan yang lambat. Dan dari situ aku juga tahu, aku gak bakal makan mie itu lagi *kibar bendera putih*

14.30, Sarinah Cineplex
Ini tempat nonton paling baru di Malang. Katanya dalam satu studio cuma bakal ada 40 kursi. Wah, pasti bisa main salto-salto di dalam studio. Berhubung aku gak bisa salto, aku milih duduk aja di kursi menikmati film. Dan film yang mau kami tonton jatuh pada film Elysium.

Masuk dalam studio dengan hati gak was-was, kemudian mulai kegirangan menemukan kursi yang sangat amat nyaman di mana kaki bisa diselonjorin. Ah, mantep bener ini. Hanya dengan harga 35 ribu dapet fasilitas sekelas Premiere. Mantap abis cuy! Mana film Elysiumnya buat aku itu bagus. Adegan tusuk menusuknya itu lho keren banget. Didukung dengan sound system yang apik, kebeteanku seolah lenyap seketika.

Buat anak gaul Malang, kalian HARUS COBA nonton di Sarinah Cineplex. Gak rugi. Nyaman banget!

image

@noichil tampak belakang dan kabur😐

17.05, Inul Vista MOG
Anak mainstream hiburannya ya pasti karaoke. 1 jam? Mana cukup?!?! 2 jam pliis!

19.15, keluar dari parkiran MOG
“Dendanya 20 ribu lain sama tarif parkirnya ya, Mbak.”
“Iya,,” *meratapi kebodohan dalam hati* *mewek*

Dudul bener karcis parkir bisa raib dan mengakibatkan 20 ribu melayang sia-sia masuk kantong manajemen secure parking. Suer gak ada gambaran itu karcis ada di mana.😥

Apa kabar mood? Sukses tiarap lagi! Hahaha.

19.27, memasuki rumah dengan selamat disambut keponakan yang lucu berat dan senyum Ibuk yang menenangkan jiwa.

Sudah jatuh ketimpa tangga. Gagal ke Jakarta, liburan ke Batu juga sirna. Tapi jalan dan ketawa bareng temen serta bisa pulang ke rumah yang hangat itu, PRICELESS!

Dan aku yakin, Allah merencanakan acara liburan lain untukku yang pasti lebih seru ketimbang 2 rencana liburan yang gagal. Iya kan? BISA JADI!

Manusia sih boleh berencana, tapi Allah tetaplah Yang Maha Menentukan.
Bersedih ya boleh saja, tapi jangan lupa kalo syukur tetap harus dipanjatkan.

PS: Kata ramalan seorang penulis tentang ciri seorang penulis berdasarkan zodiak, seorang Aries itu mampu bikin catatan perjalanan yang mengasyikkan. JADI, CATATAN PERJALANANKU (yang berasa banyak bad lucknya) INI ASYIK KAN?😀

One thought on “TUHAN PUNYA RENCANA INDAH

  1. Tuhan selalu punya rencana lebih indah, tinggal bagaimana kita mensyukuri itu🙂 cuman kadang kita ngak perna sadar dan menyalahkan keadaan padahal kalo kita runut semua nya pasti ada hikmat terindah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s